WORK WITH GOD

April 10, 2018

WORK WITH GOD

Bekerja Bersama Tuhan

Firman Tuhan dalam Matius 17:27 mengatakan: “Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka, pergilah memancing ke danau. Dan ikan pertama yang kaupancing, tangkaplah dan bukalah mulutnya, maka engkau akan menemukan mata uang empat dirham di dalamnya. Ambillah itu dan bayarkanlah kepada mereka, bagi-Ku dan bagimu juga.”

Oleh karena Tuhan Yesus adalah pusat teladan dalam hidup kita. Maka segala aspek kehidupan kita juga harus sesuai teladan Yesus termasuk dalam pekerjaan dan keuangan kita. Allah menciptakan kita untuk bekerja (Kejadian 2:15). Mengapa kita harus bekerja?

Pertama, teladan Tuhan Yesus Kristus. Melihat kisah antara Petrus dan Tuhan Yesus. Pada saat itu ada tradisi yang mengharuskan orang-orang Yahudi untuk membayar pajak tahunan kepada Kaisar. Dan pada saat itu Petrus tidak memiliki uang sepeser pun. Kemudian ia berjumpa dengan Tuhan Yesus. Dan Tuhan Yesus meminta Petrus untuk bekerja (memancing) agar dia memperoleh uang untuk dapat membayar pajak kepada Kaisar. Begitu juga dalam kehidupan kita pada masa kin, bahwa tidak ada yang tiba-tiba. Semua yang kita butuhkan/inginkan dalam hidup ini perlu diusahakan yakni salah satunya dengan bekerja. Selain untuk mendapatkan sesuatu, bekerja juga harus kita lakukan supaya tidak menjadi batu sandungan. Bahkan Tuhan Yesus pun sampai detik ini masih bekerja untuk memberkati hidup kita (Yohanes 5:17).

Kedua, sarana Tuhan menaruh berkat bagi umat-Nya. Dengan bekerja, kita melakukan bagian kita dan selebihnya adalah bagian Tuhan untuk memberkati kita (2 Tesalonika 3:10-11, Amsal 10:22). Kita hanya perlu tekun mengerjakan pekerjaan kita.

Ketiga, menyelesaikan tanggung jawab kita. Dengan bekerja, kita belajar menyelesaikan tanggung jawab kita kepada Tuhan-melalui perpuluhan (Maleakhi 3:10-12), kepada pemerintah-melalui membayar pajak (Matius 17:27), kepada diri sendiri-mencukupi kebutuhan diri sendiri (Matius 17:27), dan kepada orang lain-menjadi berkat bagi orang lain.

Bekerja merupakan salah satu sarana kita untuk memuliakan Tuhan dan untuk menerima berkat Tuhan bagi hidup kita.